Monday, May 30, 2011

i am not alone


            I Am Not Alone

Diam,,,,,
Hanya itu yang bisa aku lakukan
Saat aku terpuruk dalam kesendirianku.
Menangis,,,
Tapi pada siapa???
Tertawa???
Semua penuh kemunafikan.
Apa selamanya diam akan menjadi diam???
Lalu dimana dinamika hidup ini???
Apa benar dunia ini panggung sandiwara???
Apa benar aku pemeran utamanya???
Lalu siapa pemeran pembantunya???
Kalau aku pemeran utamanya
Aku tak sanggup memainkan peranku,,,
Tapi, saat aku hendak menyerah,,
Ada sesosok Pribadi yang datang menghampiriku
Dan katakan,,,,
Sayang,,, Aku menyayangimu,,,
Aku tak pernah meninggalkanmu sendirian
Teruslah memainkan peranmu
Karena Aku tahu kamu bisa
Teruslah berjuang sampai akhir cerita ini
Maka kamu akan menjadi pemeran yang selalu dikagumi
Tak ada seorangpun yang bisa memainkan peranmu.
Kamu orang terhebat....
Saat itu aku sadar bahwa aku tak sendirian
Ada Pribadi yang selalu menyanggupkan aku,,,
Pribadi yang selalu dan senantiasa menuntunku
Menguatkan aku,,,
“ I AM NOT ALONE ”
     nS_ 68

cerpen


“SM2”
“(SENYUMAN MANIS MENYAKITKAN)”

Sayup – sayup langkahku menyusuri gang demi gang, tak terlewatkan satu kerikil pun ku sepak kesana kemari tak tentu arah. Pikiranku kacau,...”apa yang harus ku perbuat????tanyaku dalam hati. “mengapa hati ini selalu ingin membahagiakanmu???”....”walau slalu di sayat sembilu berulang kali???????”
Apa yang harus ku perbuat?? Mengapa pikiranku tak jalan?? Inikah cinta??” ah...!!! yang  benar saja...!! guman ku dalam hati. Tak terasa aku telah tiba di rumah. Capek badanku, seharian kuliah, membosankan dan menjengkelkan apalagi dosennya galak –  galak. Bosan....!!!! kataku pelan – pelan sambil menatap plafon rumah, aku terbaring diatas ranjang terhanyut dalam seuntaian masalah yang kian berdatangan.
“mengapa masalah selalu datang menghapiriku??” “satu masalah hilang,yang  lain pun tak kalah muncul berbaris siap menerkam ku....!!!!”  “seperti pepatah “mati satu, tumbuh seribu. “Ah.......!!!! kesalku, “ mengapa aku tak bisa selesaikan masalah ini?? Apa yang harus ku perbuat??? Haruskah ku diam??? Menunggu dan menunggu terus.....??” “ habis kesabaranku...!!! aku tak kuat hadapi semuanya...!!!
Tersentak ku kaget mendengar lagu rohani “ terkadang kita merasa”, membuat hatiku tenang penuh kedamaian...perlahan tapi pasti menghangatkan suasana hatiku..masalah pun terasa ringan dan menghilang entah kemana larinya seperti ditiup angin puting beliung......akhirnya ku terhanyut dalam alunan musiknya membawaku ke alam mimpi,..ku tertidur.
Brrrrrrr,prakkkkkkk....suara atap rumahku di timpah sesuatu, membuat ku kaget dan terbangun dari tidur,..”sepertinya ada sesuatu yang jatuh di atap” pikirku. Ku beranjak dari ranjang ingin melihat apa yang telah terjadi...ternyata sebuah advokat jatuh dari pohonnya...kebetulan di rumahku ada beberapa pohon advokat yang sedang berbuah dan siap di panen.
“Hatiku pun sejenak mengingat kembali masalah itu..”...”apa yang harus ku perbuat?? Apa salahku?? Mengapa Dian tega melakukan semua itu padaku?? Apa kurang cinta tulus yang ku berikan padanya??” kataku dalam hati.
“Aku tak sanggup hadapi semuanya Tuhan,..apa yang harus ku perbuat??? Tunjukkan jalanMU Tuhan.....!!! biarku dapat mengambil keputusan yang sesuai dengan kehendak-Mu ya Bapa....!!! pikir ku tak ada habis – habisnya.
“Sakit....!!!! mengapa semuanya harus terjadi?? Rasaku dalam hati. “Perih....!!! tak pernah kurasakan sakit seperti ini,,,....dihianati oleh orang yang sangat kucintai,....sangat menyakitkan....
“Mengapa??? Mengapa Dian??? Mengapa teganya kamu hianati cintaku...??? sakit....!!!!!Rasaku dalam hati.
Begitulah perasaanku selama beberapa hari.........tak kuasa ku melihat wajahnya yang begitu manis, cantik, mungil, membawa damai....tapi kini mengapa semua berubah??? Senyuman manis menyakitkan..????????????? membuat hatiku terasa sesak.....!!!! sangat perih...!!!
Detik demi detik berlalu, akhirnya kuputuskan untuk menyelesaikan masalah ini di kampus..”ku harus bertemu dia”.kataku dalam hati. Keesokan harinya, sebenarnya hari itu aku tak punya jam kuliah, aku putuskan untuk bertemu dengan Dian.
“Rey, An minta maaf sudah buat ka sakit hati...An ceroboh, An tak tahu diri....An minta maaf ya...!!!!” kata Dian. 
“Sangat  perih di hati,....sangat menyakitkan” pikirku” apa ucapan maaf ini tulus dari hati  An???? Apa Ia sungguh – sungguh?? Tapi sakit....!!!!
Ah....!!!!! pikiranku kacau. Sangat sulit........An telah menyia – nyiakan perasaanku....apa Ia harus ku beri kesempatan kedua?? Tanyaku dalam hati.
Aku tak sanggup....!!! kataku..”iya, tapi mengapa harus dia?? Sahabat karibku??? Mengapa An suka dia??? Sayang dia??? Cinta dia???? Ampe kapan pun...!!!!
Mengapa dari awal tidak beri tahu aku???? Aku merasa bersalah,...seharusnya An bisa bahagia dengannya...!!!! mengapa ????? aku tak mau An jalani hubungan dengan terpaksa.....!!!!
“An minta maaf ya ka....!!!!kata An seraya menghapus air matanya yang menetes perlahan membasahi pipinya yang mungil menghilangkan senyuman manisnya.lanjutnya “ iya, memang An suka dia tapi itu dulu.....sekarang An benar – benar suka dan sayang sama ka....An minta maaf, An ceroboh,,,....An khilaf....An bodoh.
kataku “tapi, mengapa harus dia???? Yang segalanya selalu mengalahkanku??? Mengapa??? Seharusnya An tahu....!!!!”
“An minta maaf,sekarang An sayang ka,..An tidak mau kehilangan ka...An cinta Ka,...”kata An meyakinkanku.
“Tapi mengapa???” Tanyaku tegas......”An minta maaf slalu membanding – bandingkan ka dengan dia dalam segala hal...An bodoh....An tidak hargai ka punya perasaan....An tak tahu diri...”jawabnya.

“Tapi  sangat sakit An...!!!!!” kataku.  jawabnya,...”iya An tahu itu, An janji akan rubah itu semua.......”kataku..,”iya ka sayang An, ka cinta An...ka mohon An jangan pernah banding – bandingkan ka dengan orang lain,..ka harap An bisa trima ka apa adanya.....ka mohon maaf kalau selama ini selalu buat An sakit hati......” jawabnya, “iya ka”
“Aku tak ingin melihat senyuman manismu yang menyakitkan tapi aku ingin melihat mu tersenyum membawa getar – getar cinta dalam hati.....membawa damai”
“Tuhan trima kasih buat semuanya, biar hati ini di tikam ribuan jarum, tapi cinta ini hanya untukmu Dian....”

“REY SAYANG DIAN”
4ever 68
“853143v3r”
OLEH DECKY REYANI

“SM2”
“(SENYUMAN MANIS MENYAKITKAN)”

Sayup – sayup langkahku menyusuri gang demi gang, tak terlewatkan satu kerikil pun ku sepak kesana kemari tak tentu arah. Pikiranku kacau,...”apa yang harus ku perbuat????tanyaku dalam hati. “mengapa hati ini selalu ingin membahagiakanmu???”....”walau slalu di sayat sembilu berulang kali???????”
Apa yang harus ku perbuat?? Mengapa pikiranku tak jalan?? Inikah cinta??” ah...!!! yang  benar saja...!! guman ku dalam hati. Tak terasa aku telah tiba di rumah. Capek badanku, seharian kuliah, membosankan dan menjengkelkan apalagi dosennya galak –  galak. Bosan....!!!! kataku pelan – pelan sambil menatap plafon rumah, aku terbaring diatas ranjang terhanyut dalam seuntaian masalah yang kian berdatangan.
“mengapa masalah selalu datang menghapiriku??” “satu masalah hilang,yang  lain pun tak kalah muncul berbaris siap menerkam ku....!!!!”  “seperti pepatah “mati satu, tumbuh seribu. “Ah.......!!!! kesalku, “ mengapa aku tak bisa selesaikan masalah ini?? Apa yang harus ku perbuat??? Haruskah ku diam??? Menunggu dan menunggu terus.....??” “ habis kesabaranku...!!! aku tak kuat hadapi semuanya...!!!
Tersentak ku kaget mendengar lagu rohani “ terkadang kita merasa”, membuat hatiku tenang penuh kedamaian...perlahan tapi pasti menghangatkan suasana hatiku..masalah pun terasa ringan dan menghilang entah kemana larinya seperti ditiup angin puting beliung......akhirnya ku terhanyut dalam alunan musiknya membawaku ke alam mimpi,..ku tertidur.
Brrrrrrr,prakkkkkkk....suara atap rumahku di timpah sesuatu, membuat ku kaget dan terbangun dari tidur,..”sepertinya ada sesuatu yang jatuh di atap” pikirku. Ku beranjak dari ranjang ingin melihat apa yang telah terjadi...ternyata sebuah advokat jatuh dari pohonnya...kebetulan di rumahku ada beberapa pohon advokat yang sedang berbuah dan siap di panen.
“Hatiku pun sejenak mengingat kembali masalah itu..”...”apa yang harus ku perbuat?? Apa salahku?? Mengapa Dian tega melakukan semua itu padaku?? Apa kurang cinta tulus yang ku berikan padanya??” kataku dalam hati.
“Aku tak sanggup hadapi semuanya Tuhan,..apa yang harus ku perbuat??? Tunjukkan jalanMU Tuhan.....!!! biarku dapat mengambil keputusan yang sesuai dengan kehendak-Mu ya Bapa....!!! pikir ku tak ada habis – habisnya.
“Sakit....!!!! mengapa semuanya harus terjadi?? Rasaku dalam hati. “Perih....!!! tak pernah kurasakan sakit seperti ini,,,....dihianati oleh orang yang sangat kucintai,....sangat menyakitkan....
“Mengapa??? Mengapa Dian??? Mengapa teganya kamu hianati cintaku...??? sakit....!!!!!Rasaku dalam hati.
Begitulah perasaanku selama beberapa hari.........tak kuasa ku melihat wajahnya yang begitu manis, cantik, mungil, membawa damai....tapi kini mengapa semua berubah??? Senyuman manis menyakitkan..????????????? membuat hatiku terasa sesak.....!!!! sangat perih...!!!
Detik demi detik berlalu, akhirnya kuputuskan untuk menyelesaikan masalah ini di kampus..”ku harus bertemu dia”.kataku dalam hati. Keesokan harinya, sebenarnya hari itu aku tak punya jam kuliah, aku putuskan untuk bertemu dengan Dian.
“Rey, An minta maaf sudah buat ka sakit hati...An ceroboh, An tak tahu diri....An minta maaf ya...!!!!” kata Dian. 
“Sangat  perih di hati,....sangat menyakitkan” pikirku” apa ucapan maaf ini tulus dari hati  An???? Apa Ia sungguh – sungguh?? Tapi sakit....!!!!
Ah....!!!!! pikiranku kacau. Sangat sulit........An telah menyia – nyiakan perasaanku....apa Ia harus ku beri kesempatan kedua?? Tanyaku dalam hati.
Aku tak sanggup....!!! kataku..”iya, tapi mengapa harus dia?? Sahabat karibku??? Mengapa An suka dia??? Sayang dia??? Cinta dia???? Ampe kapan pun...!!!!
Mengapa dari awal tidak beri tahu aku???? Aku merasa bersalah,...seharusnya An bisa bahagia dengannya...!!!! mengapa ????? aku tak mau An jalani hubungan dengan terpaksa.....!!!!
“An minta maaf ya ka....!!!!kata An seraya menghapus air matanya yang menetes perlahan membasahi pipinya yang mungil menghilangkan senyuman manisnya.lanjutnya “ iya, memang An suka dia tapi itu dulu.....sekarang An benar – benar suka dan sayang sama ka....An minta maaf, An ceroboh,,,....An khilaf....An bodoh.
kataku “tapi, mengapa harus dia???? Yang segalanya selalu mengalahkanku??? Mengapa??? Seharusnya An tahu....!!!!”
“An minta maaf,sekarang An sayang ka,..An tidak mau kehilangan ka...An cinta Ka,...”kata An meyakinkanku.
“Tapi mengapa???” Tanyaku tegas......”An minta maaf slalu membanding – bandingkan ka dengan dia dalam segala hal...An bodoh....An tidak hargai ka punya perasaan....An tak tahu diri...”jawabnya.

“Tapi  sangat sakit An...!!!!!” kataku.  jawabnya,...”iya An tahu itu, An janji akan rubah itu semua.......”kataku..,”iya ka sayang An, ka cinta An...ka mohon An jangan pernah banding – bandingkan ka dengan orang lain,..ka harap An bisa trima ka apa adanya.....ka mohon maaf kalau selama ini selalu buat An sakit hati......” jawabnya, “iya ka”
“Aku tak ingin melihat senyuman manismu yang menyakitkan tapi aku ingin melihat mu tersenyum membawa getar – getar cinta dalam hati.....membawa damai”
“Tuhan trima kasih buat semuanya, biar hati ini di tikam ribuan jarum, tapi cinta ini hanya untukmu Dian....”

“REY SAYANG DIAN”
4ever 68
“853143v3r”
OLEH DECKY REYANI

saat teduh

Senin, 30 mei 2011
Mikha 7 : 1 – 6

ANDALKAN TUHAN

Saat pertama kali kita mengenal Tuhan, kita sangat senang dan ingin selamanya berada di hadirat Tuhan. Saat hati kita masih polos dan hanya Tuhan yang bertakhta dalam hati kita maka dunia ini begitu indah, sepertinya tak ada masalah dan problema, yang ada hanya kebahagiaan. Bahagianya hidup bersama Tuhan, semua masalah yang kita hadapi bukanlah kita yang alami tapi itu semua ditanggung oleh Tuhan. Namun, saat hati kita telah tercemar oleh hal- hal duniawi, kita mengenal semua yang di sekitar kita maka dengan sendiri kita akan melupakan Tuhan, mungkin tak sepenuhnya tapi tidak lagi seperti pertama kita mengenal-Nya.
Kita tak lagi mengandalkan Tuhan ketika kita mengalami masalah, tapi kita datang dan berharap pada teman dan sahabat kita, namun apa yang kita dapatkan??? Kita malah semakin terpuruk dan terpuruk dalam masalah yang kita hadapi. Tak ada jalan keluar, semua yang di sampaikan oleh teman dan sahabat kiita semuanya seolah-olah sia-sia. Tetap hatti kita tidak tenag, maka kitapun mulai menyalahkan Tuhan atas apa yang kita alami, kita mulai mengeluh bahwa seolah-olah apa yang kita alami melebihi kekuatan kita,, namu kita tak pernahmerefleksi diri bahwa apa kita sudah menyerahkan masalah kita sepenuhnya pada Tuhan????
Kita mengandalkan manusia, kita hanya berharap dan bersandar pada manusia,,,, tapi taukah kita bahwa manusia juga adalah ciptaan Tuhan??? Taukah kita bahwa dia juga seperti kita???
Karena itu janganlah bersandar dan mengandalkan diri pada kawan atau sahabat kita tapi andalkanlah Tuhan dalam hidupmu, maka semua yang kita alami tak pernah di luar rencana Tuhan, Tuhan akan menolong dan membantu kita dalam menyelesaikan semua masalah kita.  Tak ada yang mustahil bagi Tuhan. Dan saat kita berharap dan bersandar pada Tuhan maka yang ada hanya sukacita dan kebahagiaan, masalah yang kita hadapi seakan-akan tak ada artinya dan kita dapat dengan yakin katakan bahwa “ segala perkara dapat kutanggung dalam Dia yang memberi kekuatan padaku.”
Andalkan Tuhan dalam hidupmu.
Aku sadar bahwa dalam hidup ini aku telah jauh dari Tuhan, senua yang aku lakukan adalah hampa dan tak bermakna. Aku selALU mengandalakna manusia untuk menyelesaikan masalahku, aku melupakan Tuhan,, saat berdoapun aku tak pernah menikmati itu, seolah-olah itu hanya rutinitas saja yang harus aku lakukan bukan apa yang aku butuhkan.
Karena itu aku bersyukur , Tuhan menyadarkan aku dan tak membiarkan aku terlalu jauh dan jauh lagi dari-Nya.  Tuhan memanggil aku kembali pada_Nya.
Aku mau kembali Tuhan, aku mau mengandalkan Engkau dalam hidupku,, aku rindu Engkau Bapa,,, aku ingin Engkau selaku hadir dan baharui aku.
Terima kasih buat kasih setia_Mu, Tuhan, saat aku jauh Engkau tak pernah jauh, Engkau selalu setia menunggu aku. Terima kasih Bapa,,, Engkau begitu baik bagiku.
I love Jesus.
Thanks God,,,
You are my Father.
God is true helper.              nS_68
                         D_ReY_68          

Tuesday, May 17, 2011

TUGAS PROFESI PENDIDIKAN
BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Profesi adalah suatu hal yang harus dibarengi dengan keahlian dan etika. Meskipun sudah ada aturan yang mengatur tentang kode etik profesi, namun seperti kita lihat saat ini masih sangat banyak terjadi pelanggaran-pelanggaran ataupun penyalah gunaan profesi. Untuk itu penulis akan membahas pengertian dari kode etik profesi dan sanksi atas pelanggaran kode etik profesi. B. Tujuan Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Profesi Kependidikan. Selain itu agar para professional bisa menjalankan profesi nya secara baik. BAB II PEMBAHASAN A. ETIKA Etika Berasal dari bahasa Yunani Ethos, Yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat. Etika berkaitan dengan konsep yang dimiliki oleh individu atau masyarakat untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah dikerjakannya itu salah atau benar, buruk atau baik. Menurut Martin [1993], etika didefinisikan sebagai "the discipline which can act as the performance index or reference for our control system". Etika adalah refleksi dari apa yang disebut dengan self control", karena segala sesuatunya dibuat dan diterapkan dari dan untuk kepentingan kelompok sosial (profesi) itu sendiri C.PENGERTIAN KODE ETIK Kode yaitu tanda-tanda atau simbol-simbol yang berupa kata-kata, tulisan atau benda yang disepakati untuk maksud maksud tertentu, misalnya untuk menjamin suatu berita, keputusan atau suatu kesepakatan suatu organisasi. Kode juga dapat berarti kumpulan peraturan yang sistematis. Kode Etik Dapat diartikan pola aturan, tata cara, tanda, pedoman etis dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Kode etik merupakan pola aturan atau tata cara sebagai pedoman berperilaku. A) menurut undang-undang Nomor 8 Tahun 1974tentang pokok-pokok kepegawaian. pasal 28 undang-undang ini dengan jelas mengatakan bahwa “pegawai negeri sipil mempunyai kode etik sebagai pedoman sikap, tingkah laku dan perbuatan di dalam dan di luar dinas.” Dalam penjelasan undang-undang tersebut di nyatakan bahwa dengan adanya kode etika ini, Pegawai Negeri Sipil sebagai apratur negara, abdi negara, dan abdi masyarakat mempunyai pedoman sikap, tingkah laku, dan perbuatan dalam melaksanakan tugasnya dan dalam pergaulan hidup sehari-hari. Selanjutnya dalam kode etik Pegawai Negeri Sipil itu di gariskan pula prinsip-prinsip pokok tentangpelaksanaan tugas dan tanggung jawab pegawai negeri. Dari uraian di atas dapat di simpulkan, bahwa kode etik merupakan pedoman sikap, tingkah laku, dan perbuatan di dalam melaksanakan tugas dan dalam hidup sehari-hari. B) dalam pidato pembukaan kongres PGRI ke XIII, Basuni sebagai ketua umum PGRI menyatakan bahwa Kode Etika Guru Indonesia merupakan landasan moral dan pedoman tingkah laku guru warga PGRI dalam melaksanakan panggilan pengabdiannya bekerja sebagai guru (PGRI, 1973). Dari pendapat ketua umum PGRI ini dapat di tarik kesimpulan bahwa dalam kode etik guru Indonesia terdapat dua unsur pokok yakni: (1) sebagai landasa moral, dan (2) sebagai pedoman tingkah laku Dalam kaitannya dengan profesi, bahwa kode etik merupakan tata cara atau aturan yang menjadi standart kegiatan anggota suatu profesi. Suatu kode etik menggambarkan nilai-nilai professional suatu profesi yang diterjemahkan kedalam standaart perilaku anggotanya. Nilai professional paling utama adalah keinginan untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat. Nilai professional dapat disebut juga dengan istilah asas etis.(Chung, 1981 )mengemukakan empat asas etis, yaitu : (1). Menghargai harkat dan martabat (2). Peduli dan bertanggung jawab (3). Integritas dalam hubungan (4). Tanggung jawab terhadap masyarakat. Kode etik dijadikan standart aktvitas anggota profesi, kode etik tersebut sekaligus sebagai pedoman (guidelines). Masyarakat pun menjadikan sebagai perdoman dengan tujuan mengantisipasi terjadinya bias interaksi antara anggota profesi. Bias interaksi merupakan monopoli profesi., yaitu memanfaatkan kekuasan dan hak-hak istimewa yang melindungi kepentingan pribadi yang betentangan dengan masyarakat. Oteng/ Sutisna (1986: 364) mendefisikan bahwa kode etik sebagai pedoman yang memaksa perilaku etis anggota profesi. Konvensi nasional IPBI ke-1 mendefinisikan kode etik sebagai pola ketentuan, aturan, tata cara yang menjadi pedoman dalam menjalankan aktifitas maupun tugas suatu profesi. Bahsannya setiap orang harus menjalankan serta mejiwai akan Pola, Ketentuan, aturan karena pada dasarnya suatu tindakan yang tidak menggunakan kode etik akan berhadapan dengan sanksi. F.TUJUAN KODE ETIK PROFESI Pada dasarnya tujuan merumuskan Kode Etik dalam suatu profesi adalah untuk kepentingan anggota dan kepentingan organisasi profesi itu sendiri. Secara umum tujuan mengadakan kode etik adalah sebagai berikut: 1. Untuk menjunjung tinggi martabat profesi. 2. Untuk menjaga dan memelihara kesejahteraan para anggota. 3. Untuk meningkatkan pengabdian para anggota profesi. 4. Untuk meningkatkan mutu profesi. 5. Untuk meningkatkan mutu organisasi profesi . 1) Untuk menjunjung tinggi martabat profesi. Dalam hal ini kode etik dapat menjaga pandangan dan kesan dari pihak luar atau masyarakat, agar mereka jangan sampai memandang rendah atau remeh bentuk tindak-tanduk atau keselakuan anggota profesi yang dapat mencemarkan nama baik profesi terhadap dunia luar.dari segi ini kode etika juga seringkali disebut kode kehormatan. 2) Untuk menjaga dan memelihara kesejateraan para anggotannya mental . Yang di mmaksud kesejahteraan di sini meliputi baik kesejahteraan lahir (atau material) maupun kesejahteraan batin (spiritual atau mental). Dalam hal kesejateraan lahiugirta profesi,kode etika umumnya memuat larangan-larangan kepada para anggotanya utuk melakukan perbuatan-perbuatan yang merugikan kesejateraan para anggotanya.Misalnya dengan menetapkan tarif-tarif minimum bagi honorarium anggataprofesi dalam melaksanakan tugasnya,sehingga siapa-siapa yang melaksanakan tarif dibawah minimum akan dianggap cela dan merugikan rekan-rekan seprofesi.dalam hal kesejateraan batin para anggata profesi,kode etik umumnya memberi petunjuk-petunjuk kepada para anggotanya untuk melaksanakan profesinya. Kode etik juga mengandung peraturan-peraturan yang bertujuan membatasi tingka laku yang tidak pantas atua tidak jujur bagi para anggota profesi dalam berinteraksi dengan sesama rekan anggota profesi. 3)Untuk meningkatkan pengabdian para anggota profesi. Tujuan lain kode etika dapat juga berkaitan dengan peningkatan kegiatam pengabdian profesi, sehingga bagi para anggota profesi dapat dengan mudah mengetahui tugas dan tanggung jawab pengabdiannya dalam melaksanakan tugasnya. Oleh karena itu kode etik merumuskan ketentuan-ketentuan yang perlu di lakukan para anggota profesi dalam menjalankan tugasnya. 4) Untuk meningkatkan mutu profesi. Untuk meningkatkan mutu profesi, kode etik juga memuat norma-norma dan anjuran agar para anggota profesi selalu berusaha untuk meningkatkan mutu pengabdian para anggotannya. 5) Untuk meningkatkan mutu organisasi profesi. Untuk meningkatkan mutu organisasi profesi, maka di wajibkan kepada setiap anggota untuk secara aktif berpartisipasi dalam membina organisasi profesi dan kegiatan-kegiatan yang di rancang organisasi. D. FUNGSI KODE ETIK Pada dasarnya kode etik memiliki fungsi ganda yaitu sebagai perlindungan dan pengembangan bagi profesi. Fungsi seperti itu sama seperti apa yang dikemukakan Gibson dan Michel (1945 : 449) yang lebih mementingkan pada kode etik sebagai pedoman pelaksanaan tugas prosefional dan pedoman bagi masyarakat sebagai seorang professional. Biggs dan Blocher ( 1986 : 10) mengemukakan tiga fungsi kode etik yaitu : 1. Melindungi suatu profesi dari campur tangan pemerintah. (2). Mencegah terjadinya pertentangan internal dalam suatu profesi. (3). Melindungi para praktisi dari kesalahan praktik suatu profesi. Sutan Zahri dan Syahmiar Syahrun (1992) mengemukakan empat fungsi kode etik guru bagi guru itu sendiri, antara lain 1. Agar guru terhindar dari penyimpangan tugas yang menjadi tanggung jawabnya. 2. Untuk mengatur hubungan guru dengan murid, teman sekerja, masyarakat dan pemerintah. 3. Sebagai pegangan dan pedoman tingkah laku guru agar lebih bertanggung jawab pada profesinya. 4. Penberi arah dan petunjuk yang benar kepada mereka yang menggunakan profesinya dalam melaksanakan tugas. Kode etik guru sesungguhnya merupakan pedoman yang mengatur hubungan guru dengan teman kerja, murid dan wali murid, pimpinan dan masyarakat serta dengan misi tugasnya. Menurut Oteng Sutisna (1986 : 364) bahwa pentingnya kode etik guru dengan teman kerjanya difungsikan sebagai penghubung serta saling mendukung dalam bidang mensukseskan misi dalam mendidik peserta didik. Etika hubungan guru dengan peserta didik menuntut terciptanya hubungan berupa helping relationship (Brammer, 1979), yaitu hubungan yang bersifat membantu dengan mengupayakan terjadinya iklim belajar yang kondusif bagi perkembangan peserta didik. Dengan ditandai adanya perilaku4 empati,penerimaan4dan penghargaan, kehangatan dan perhatian, keterbukaan dan ketulusan serta kejelasan ekspresi seorang guru. Seorang guru apabila ingin menjadi guru yang professional harusnya mendalami serta memiliki etika diatas tersebut. Etika Hubungan garis dengan pimpinan di sekolah menuntut adanya kepercayaan. Bahwa guru percaya kepada pimpinan dalam meberi tugas dapat dan sesuai dengan kemampuan serta guru percaya setiap apa yang telah dikerjakan mendapatkan imbalan dan sebaliknya bahwa pimpinan harus yakin bahwa tugas yang telah diberikan telah dapat untuk dilaksanakan. Guru sangat perlu memelihara hubungan baik dengan masyarakat untuk kepentingan pendidikan. Guru juga harus menghayati apa saja yang menjadi tanggung jawab tugasnya. KODE ETIK GURU INDONESIA Guru Indonesia menyadari bahwa pendidikan adalah bidang pengabdian terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Bangsa, dan Negara serta pada kemanusiaan pada umumnya. Guru Indonesia yang berjiwa Pancasila dan setia pada UUD 1945, turut bertanggung jawab atas terwujudnya cita-cita proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945, oleh kerena itu, Guru Indonesia terpangil untuk menunaikan karyanya dengan memedomani dasar-dasar sebagai berikut: 1) Guru berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangunan yang ber-Pancasila. a. Guru menghormati hak individu dan kepribadian anak didiknya masing-masing b. Guru berusaha mensusseskan pendidikan yang serasi (jasmaniyah dan rohaniyah) bagi anak didiknya c. Guru harus menghayati dan mengamalkan pancasila d. Guru dengan bersunguh-sunguh mengintensifkan Pendidikan Moral Pancasila bagi anak didiknya e. Guru melatih dalam memecahkan masalah-masalah dan membina daya krasai anak didik agar kelak dapat menunjang masyarakat yang sedang membangun f. Guru membantu sekolah didalam usaha menanamkan pengetahuan keterampilan kepada anak didik. 2) Guru memiliki kejujuran professional dalam menerapkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak didik masing-masing. a. Guru menghargai dan memperhatikan perbedaan dan kebutuhan anak didiknya masing-masing b. Guru hendaknya luwes didalam menerapkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak didik masing-masing c. Guru memberi pelajaran di dalam dan di luar sekolah berdasarkan kurikulum tanpa membeda-bedakan Janis dan posisi orang tua muridnya 3) Guru mengadakan komunikasi, terutama dalam memperoleh informasi tentang anak didik,. Tetapi menghindarkan diri dari segtsala bentuk penyalah gunaan a. Komunikasi Guru dan anak didik didalam dan diluar sekolah dilandaskan pada rasa kasih saying b. Untuk berhasilnya pendidikan, maka Guru harus mengetahui kepribadian anak dan latar belakangt keluarganya masing-masing. c. Komunikasi Guru ini hanya diadakan semata-mata untuk kepentingan pendidikan anak didik 4) Guru menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua murid dengan sebaik-baiknya bagi kepentingan anak didik a. Guru menciptakan suasana kehidupan sekol;ah sehingga anak didik betah berada dan belajar di sekolah b. Guru menciptakan hubungan baik dengan orang tua murid sehingga dapat terjalin pertukaran informasi timbale balik untuk kepentingan anak didik c. Guru senantiasa menerima dengan lapang dada setiap kritik membangun yang disampaikan orang tua murid/ masyarakat terhadap kehidupan sekolahnya. d. Pertemuan dengan orang tua murid harus diadakan secara teratur 5) Guru memelihara hubungan baik dengan masyarakat disekitar sekolahnya maupun masyarakat yang lebih luas untuk kepentingan pendidikan a. Guru memperluas pengetahuan masyarakat mengenai profesi keguruan b. Guru turut menyebarkan program-progaram pendidikan dan lkebudayaan kepada masyarakat seketernya, sehingga sekolah tersebut turut berfubgsi sebagai pusat pembinaan dan pengembangan pendidikan dan kebudayaan ditempat itu c. Guru harus berperan agar dirinya dan sekolahnya dapat berfungsi sebagai unsur pembaru bagi kehidupan dan kemajuan daerahnya. d. Guru turut bersama-sama masyarakat sekitarnya didalam berbagai aktifitas e. Guru menusahakan terciptanya kerjasama yang sebaik-bainya antara sekolah, orang tua murid, dan masyarakat bagi kesempurnaan usaha pendidikan atas dasar kesadaran bahwa pendidikan merupakan tangung jawab nersama antara pemerintah, orang t5ua murid dan masyarakat. 6) Guru secara sendiri-sendiri dan atau bersama-sama mengembangkan dan meningkatkan mutu profesinya. a. Guru melanjutkan setudinya dengan : - Membaca buku-buku - Mengikuti loka karya, seminar, gterakan koperasi, dan pertemuan-pertemuan - pendidikan dan keilmuan lainnya - Mengikuti penataran - Mengadakan kegiatan-kegiatan penelitian b. Guru selalu bicara, bersikap dan bertindak sesuai dengan martabat profesinya, 7) Guru menciptakan dan memelihara hubungan antara sesama guru baik berdasarkan lingkungan kerja maupun didalam hubungan keseluruhan. - Guru senantiasa saling bertukar informasi pendapat, salung menasehatri dan Bantu-membantu satu sama lainnya, baik dalam hubungan kepentingan pribadi maupun dalam menuaikan tugas profgesinya - Guru tidak melakukan tindakan-tindakan yang merugikan nama baik rekan-rekan seprofesinya dan menunjang martabat guru baik secara keseluruhan maupun secara pribadi 8) Guru secara bersama-sama memelihara, membina, dan meningkatkan organisasi guru professional sebagai sarana pengabdiannya. - Guru menjadi anggota dan membantu organisasi Guru yang bermaksud membina profesi dan pendidikan pada umumnya - Guru senantiasa berusaha bagi peningkatan persatuan diantara sesame pengabdi pendidikan - Guru senantiasa berusaha agar menghindarkan diri dari sikap-sikap ucapan, dan tindakan yag merugikan organisasi 9) Guru melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijaksanaan pemerintah dalam bidang pendidikan - Guru senantiasa tunduk terhadap kebijaksanaan dan ketentuan-ketentuan pemerintah dalam bidang pendidikan - Guru melakukan tugas profesinya dengan disiplin dan rasa pengabdian - Guru berusaha membantu menyebarkan kebijak sanaan dan program pemerintah dalam bidang pendidikan kepada orang tua murid dan masyarakat sekitarnya - Guru berusaha menunjang terciptanya kepemimpinan pendidikan dilingkungan atau didaerahnya sebaik-baiknya. 11 BAB III KESIMPULAN Kode etik bisa dilihat sebagai produk dari etika terapan, sebab dihasilkan berkat penerapan pemikiran etis atas suatu wilayah tertentu, yaitu profesi. Tetapi setelah kode etik ada, pemikiran etis tidak berhenti. Kode etik tidak menggantikan pemikiran etis, tapi sebaliknya selalu didampingi refleksi etis. Supaya kode etik dapat berfungsi dengan semestinya, salah satu syarat mutlak adalah bahwa kode etik itu dibuat oleh profesi sendiri. Kode etik tidak akan efektif kalau di drop begitu saja dari atas yaitu instansi pemerintah atau instansi-instansi lain; karena tidak akan dijiwai oleh cita-cita dan nilai-nilai yang hidup dalam kalangan profesi itu sendiri. Instansi dari luar bisa menganjurkan membuat kode etik dan barang kali dapat juga membantu dalam merumuskan, tetapi pembuatan kode etik itu sendiri harus dilakukan oleh profesi yang bersangkutan. Supaya dapat berfungsi dengan baik, kode etik itu sendiri harus menjadi hasil SELF REGULATION (pengaturan diri) dari profesi. Dengan membuat kode etik, profesi sendiri akan menetapkan hitam atas putih niatnya untuk mewujudkan nilai nilai moral yang dianggapnya hakiki. Hal ini tidak akan pernah bisa dipaksakan dari luar. Hanya kode etik yang berisikan nilainilai dan cita-cita yang diterima oleh profesi itu sendiri yang bisa mendarah daging dengannya dan menjadi tumpuan harapan untuk dilaksanakan untuk dilaksanakan juga dengan tekun dan konsekuen. Syarat lain yang harus dipenuhi agar kode etik dapat berhasil dengan baik adalah bahwa pelaksanaannya di awasi terus menerus. 13
TUGAS METODE LATIHAN ( DRILL )
OLEH NELMA SOOAI
Drill merupakan suatu cara mengajar dengan memberikan latihan - latihan terhadap apa yang telah dipelajari siswa sehingga memperoleh suatu keterampilan tertentu. Kata latihan mengandung arti bahwa sesuatu itu selalu diulang - ulang, akan tetapi bagaimanapun juga antara situasi belajar yang pertama dengan situasi belajar yang realistis, ia akan berusaha melatih keterampilannya. Bila situasi belajar itu diubah - ubah kondisinya sehingga menuntut respons yang berubah, maka keterampilan akan lebih disempurnakan. Ada keterampilan yang dapat disempurnakan dalam jangka waktu yang pendek dan ada yang membutuhkan waktu cukup lama. Perlu diperhatikan latihan itu tidak diberikan begitu saja kepada siswa tanpa pengertian, jadi latihan itu didahului dengan pengertian dasar. Drill wajar digunakan untuk : • Kecakapan motoris, misalnya : menggunakan alat-alat ( musik, olahraga, menari, pertukangan dan sebagainya ) • Kecakapan mental, misalnya: Menghafal, menjumlah, menggalikan, membagi dan sebagainya Hal - hal yang perlu diperhatikan : • Tujuan harus dijelaskan kepada siswa sehingga selesai latihan mereka diharapkan dapat mengerjakan dengan tepat sesuai apa yang diharapkan • Tentukan dengan jelas kebiasaan yang dilatihkan sehingga siswa mengetahui apa yang harus dikerjakan • Lama latihan harus disesuaikan dengan kemampuan siswa • Selingilah latihan agar tidak membosankan • Perhatikan kesalahan - kesalahan umum yang dilakukan siswa untuk perbaikan secara kiasikal sedangkan kesalahan perorangan dibetulkan secara perorangan pula Kelebihan dan kelemahan : Kelebihan : • Pengertian siswa lebih luas melalui latihan berulang-ulang • Siswa siap menggunakan keterampilannya karena sudah dibiasakan Kelemahan : • Siswa cenderung belajar secara mekanis • Dapat rnenyebabkan kebosanan • Mematikan kreasi siswa • Menimbulkan verbalisme ( tahu kata - kata tetapi tak tahu arti )
2Tawarikh Lakukan Dengan cara Tuhan Ketika kita mengalami masalah, apakah secara spontan kita langsung berusaha memecahkannya? Atau kita segera teringat pada orang yang dapat menolong kita memecahkan masalah itu? Atau kita datang kepada Allah dan memercayakan masalah itu pada Dia. Asa pernah mengalami pertolongan Tuhan yang luar biasa ketika menghadapi tentara Etiopia. Kita tentu masih ingat bagaimana pasukan berjumlah 300.000 orang harus melawan 1000.000 prajurit musuh. Nyatanya Asa menang karena Tuhan menolong dia. Namun pengalaman menakjubkan itu tidak terpatri kuat dalam ingatan Asa.Saatt menghadapi Baesa, Raja Israel, ia berlaku seperti orang yang tidak memiliki Allah. Apa yang dia lakukan justru berbanding terbalik dengan pengalamannya. Alih-alih beseru kepada Tuhan , Asa justru menghubungi Benhadad,Raja Aram, untuk berpihak kepadanya. Dengan banyak hadiah, Asa berhasil menyogok raja Aram agar mendukung Yehuda. Dan upaya Asa memang menampakan hasil.Asa beroleh keuntungan dari persahabatannya dengan dunia, tetapi ia mengorbankan iman kepada Allah. Akan tetapi , cara cara yang ditempuh Asa tidak diperkenan Tuhan. Dandengan tegas, Tuhan menyatakan hal itu melalui Hanani, sang pelihat. Anehnya , bukannya menyesal dan bertobat , Raja Asa justru sakit karena teguran itu. Dan iman Asa kepada Tuhan tampaknya berhenti sampai di situ. Karena wktu ia sakit di kemudian hari, Asa malah memilih mengandalkan pertolongan enaga medis dari pada mencari pertolongan Tuhan. Kitapun sesungguhnya berada dalam bahaya yang sama. Berkat yang kita terima dari Tuhan bukan merupakan jaminan bahwa iman kita akan tetap terpelihara. Kemauan untuk setia, kerelaan untuk tetap taaat,dan yang terutama kasih kita kepada Tuhan kiranya mengingatkan kita untuk senantiasa bergantung kepada Tuhan dalam mengatasi setiap persoalan yang menghadang kita. BIARLAH PERTOLONGAN TUHAN YANG NYATA, YAKINLAH BAHWA ALLAH SELALU MENOLONG KITA DAN ALLAH ITU DASYAT.

DECKY REYANI: SAAT TEDUH

DECKY REYANI: SAAT TEDUH

SAAT TEDUH

Yesaya 2 : 1-22 JANGAN BERHARAP PADA MANUSIA Ada saatnya Tuhan akan datang dalam kemuliaannya dan menjadi hakim bagi manusia. Pada saat itu hanya Tuhan yang Maha Tinggi, tak ada sesuatu di bawah kolom langit, di muka bumi yang lebih tinggi dari kemuliaan Tuhan. Segala yang di anggap tinggi di muka bumi akan di ratakan oleh Tuhan. Oleh karena itu janganlah berharap kepada manusia karena manusia bisa saja mengkhianati kita, diapun manusia biasa seperti kita yang juga merupakan ciptaan Tuhan dan tak ada yang di dunia, meskipun kita mengatakan bahwa dia adalah sahabat sejati kita namun ada saatnya dimana semua itu akan berakhir meski bukan itu yang kita inginkan oleh karena itu berserahlah kepada Tuhan yang adalah Tuhan dan Bapa bagi kita. Kita adalah ciptaan-Nya yang mulia dan Tuhan tak akan meninggalkan kita dan janji-Nya adalah teguh. Tuhan akan melakukan erkara-perkara dasyat dalam hidup kita asalkan kita selalu berharap dan bersandar hanya kepadaNya. Tuhan tidak akan mengecewakan kita seperti yang dunia lakukan pada kita. Tuhan menjaga kita seperti menjaga Biji Mata-Nya. Mungkin manusia akan meninggalkan kita ketika kita jatuh tapi Tuhan akan datang dan menopang kita, memberikan kelegaan kepada kita. OLEH KARENA ITU BERSERAHLAH KEPADA TUHAN JANGAN KEPADA MANUSIA. JESUS LOVE US. THANKS GOD.

Sunday, May 15, 2011

RPP MATEMATIKA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah : SMP Mata Pelajaran : Matematika Kelas / Semester : VII / I Standar Kompetensi : 1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah. Kompetensi Dasar : I.I. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan Indikator : 1. Memberikan contoh bilangan bulat 2. Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan 3. Melakukan operasi tambah, kurang dan bagi bilangan bulat 4. menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat 5. memberikan contoh berbagai jenis dan bentuk bilangan bulat 6. mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain Alokasi waktu : 25 jam pelajaran Tujuan pembelajaran Siswa dapat memberikan minimal 3 contoh bilangan bulat. Siswa dapat menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan. Siswa dapat melakukan operasi hitung ( tambah, kurang, kali, bagi ) bilangan bulat. Siswa dapatmenghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan. Siswa dapat memberikan contaoh berbagai bentuk dan jenis bilanganpecahan ( biasa,campuran, desimal, persen, permil ) Siswa dapat mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain. Siswa dapat melakukan operasi hitung ( tambah, kurang, kali, bagi )bilangan pecahann. Materi ajar Bilangan bulat Bilangan pecahan Metode pembelajaran Diskusi kelompok, demonstrasi, demonstrasi dan penemuan. Langkah- langkah kegiatan Pertemuan pertama Apersepsi : mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan pengetahuan awal dengan cara mengajukan pertanyaan. Kegiatan inti Guru menyajikan pengetahuan ( menjelaskan ) tentang cara menulis suhu di atas dan di bawah nol derajat. Guru menjelaskancara menggambar garis bilangan. Guru menjelaskan himpunan bilangan bulat dan lambangnya dilanjutkan dengan menjelaskan tentang lawan dari suatu bilangan bulat. Guru menjelaskan tentang perlunya membandingkan beberapa bilangan bulat. Guru mengecek pamahaman siswa dengan tanya jawab. Guru menjelaskan tentang mengurutka bilangan bulat. Siswa mengerjakan latihan. Penutup Dengan bimbingan guru , siswa diminta membuat rangkuman. Siswa dan guru melakukan refleksi Guru memeberikan PR untuk soal yang belum selesai dijawab. Pertemuan kedua Pendahuluan Apersepsi : mengingat kembali tentang operasi tambah, kurang, kali dan bagi di SD. Motivasi : Pentingnya materi ini untuk memahami materi selanjutnya dan memanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan inti Guru menjelaskan cara melakukan operasi penjumkahan dan pengurangandua bilangan bulat. Secara berkelompok siswa mengisi tabel penjumlahan dan pengurangan. Siswa mengerjakan soal latihan Guru menjelaskan cara mebgalikan dan membagi dua bilangan positif denangan positif, positif dengan negatif, negatif dengan negatif. Secara berkelompok siswa mengerjakan tabel perkalian dan[embagian dari bilangan -3 dan 4. Penutup Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman. Siswa dan guru mebuat refleksi Guru memberikan PR. Pertemuan ketiga Pendahuluan Apresiasi : mengingat kembali kuadrat pangkat tiga yang pernah diterima di SD. Motivasi : pentingnya materi ini untuk memahami materi selanjutnya danmanfaatnya dalammembantu mempermudah menyelesaikan perhitungan dalam kehidupan sehari- hari. Kegiatan inti Guru menjelaskan arti kuadrat dari suatu bilangan bulat. Siswa diberi latihan soal-soal kuadrat suatu bilangan-bilangan bulat. Siswa diberi latihan soal- soal kuadrat suatu bilangan bulat Guru meminta siswa untuk mengartikan dari suatu bilangan pangkat tiga dan akar pangkat. Penutup Denga bimbingan guru siswa diminta mebuat rangkuman. Siswa dan guru melakukan refleksi. Guru memberikan PR Pertemuan keempat Pendahuluan Apersepsi : mengingat kembali bilanganpecahan Motivasi : pentingnya materi in untuk memahami materi selanjutnya danbermanfaat ke pelajaran yang lain serta mempermudah menyelesaikan perhitungan dalam kehidupan sehari- hari. Kegiatan inti Guru bersama-sama dengan siswa mendiskusikan jenis bilangan pecahan danpengertian pecahan. Dengan garis bilangan, guru menjelaskan bilangan pecahan pada garis bilangan dan menentukan letak suatu bilangan pada garis bilangan. Untuk mengetahui pemahaman siswa dilakukan tanya jawab. Guru bersama siswa mendiskusikan pecahan senilai. Untuk mengecek pemahaman siswa dilakukan tanya jawab. Guru bersama siswa mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke pecahan lain. Siswa diberi tugas latihan. Penutup Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman. Siswa dan guru membuat refleksi. Soal yang belum selesai dijadikan PR. Petemuan kelima Pendahuluan Apersepsi : siswa diiingatkankembali tentang operasi hitung dengan tanya jawab. Motivasi : siswa diingatkan pentingnya materi ini untuk materi selanjutnya dan hubungannya dengan kehidupan sehari-hari. Kegiatan inti Guru bersama-sama siswa membahas operasi hitung tambahdan kurang pada pecahan. Siswa diberi latihan soal-soal. Guru bersama siswa mendiskusikan cara membulatkan bilangan pecahan sampai satu tempat desimal atau dua temoat desimal. Siswa diberi soal latihan. Penutup Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman Guru dan siswa membuat refleksi Guru memberikan PR Alat dan sumber belajar Buku teks, penggaris. Penilaian Teknik penilaian : test Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tulis. Contoh instrumen Berapakah (√12)^2 1/(2 ) +1/3 =⋯ Pedoman penskoran no Kunci / kriteria jawaban 1 (√12)^2= √12 x √12 = 12 2 2 1/2+1/3=5/6 2 Skor maximum = 4 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : SMP Mata pelajaran : matematika Kelas / semester : VII / I Standar kompetensi : 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Kompetensi dasar : 2.1. mengenali bentuk aljabar dan unsur- unsurnya. Indikator : Menentukan konstanta danvariabel suatu bentuk aljabar. Memahami pengertian suku dan faktor padda suatu bentuk aljabar. Memahami pengertian suku - suku sejenis. Alokasi waktu : Tujuan Pembelajaran Siswa dapat menetukan konstanta dan variabel pada suatu bentuk aljabar. Siswa dapat menentukan suku dan faktor pada suatu bentuk aljabar. Siswa dapat menyebutkan suku – suku yang sejenis dengan suatu suku tertentu. Materi ajar Bentuk alajabar. Metode pembelajaran Diskusi kelompok, tanya jawab. Langkah – langkah kegiatan Pertemuan pertama Pendahuluan Apersepsi : mengingat kembali tentang konsep perkalian. Motivasi : apabila materi ini dikuasai dengan baik maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari – hari. Kegiatan inti Guru memberikan contoh suatu permasalahan yang dapat diubah menjadi bentuk aljabar untuk didiskusikan. Dari hasil yang didapat siswa, guru membimbing untuk memahami pengertian – pengertian : konstanta, variabel, suku, faktor, dan suku sejenis. Siswa mengerjakan soal – soal latihan. Penutup Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat laporan. Guru dan siswa melakukan refleksi. Guru memberikan tugas ( PR ) Alat dan sumber Buku teks Penilaian Teknik penilaian : test Bentuk instrumen : pertanyaan tertulis dan lisan. Instrumen Tentukan jumlah dari 3x dan 4( x-5 ) Pedoman penskoran No Kunci / kriteria jawaban 3x + 4 ( x-5) = 3x + 4x – 20 = 7x – 20 2 2 Skor maximum = 4 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : SMP Mata pelajaran : matematika Kelas / semester : VII / I Standar kompetensi : 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan. Kompetensi dasar : 2.1. menyelesaikan persamaan linear satu variabel. Indikator : Mengenali PLSV ddalam berbagai bentuk dan variabel. Menetukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah atau dibagi dengan bilangan yang sama. Alokasi Waktu : Tujuan pembelajaran Siswa dapat memahami PLSV dalam berbagai bentuk variabel. Siswa dapat menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan atau dibagikan dengan bilangan yang sama. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian PLSV. Materi pokok Persamaan linear satu variabel Metode pembelajaran Diskusi, demonstrasi, penemuan. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran 1.Pertemuan pertama Pendahuluan Apersepsi : mengingat kembali tentang operasi aljabar. Motivasi : Banyak masalah kehidupan sehari – hari yang dapat diselesaikan dengan PLSV. Untuk dasar mempelajari matematika lebih lanjut. Kegiatan inti Dengan tanya jawab dibahas pengertian PLSV. Diberikan beberapa bentuk persamaan dengan berbagai bentuk dan variabel, siswa diminta untuk memilih yang termasuk PLSV. Siswa mengerjakan soal – soal tentang PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel ( soal dibuat oleh guru ). Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu mengerjakan soal ulangan telah selesai. Penutup Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman. Siswa dan guru diminta umtuk membuat refleksi. Guru memberikan PR. 2.Pertemuan kedua Pendahuluan Apersepsi : membahas PLSV Motivasi : banyak masalah sehari – hari yang dapat diselesaikan dengan PLSV. Kegiatan inti Siswa dibagi dalam kelompok yang terdiri dari beberapa orang. Dengan menggunakan model timbangan dan lembar kegiatan, siswa mendemonstrasikan kemudian menyimpulkan bahwa benda yang beratnya sama jika ditambah, dikurang, dikalikan atau dibagikan dengan bilangan yang sama maka beratnya tetap akan sama. Dengan bimbingan guru, siswa mencari hubungan dari kegiatan diatas (b) dengan sifat – sifat PLSV. Siswa mengerjakan tugas latihan dari buku sumber / buatan guru. Penutup Dengan bimbingan guru siswa membuat rangkuman. Siswa dan guru melakukanrefleksi. Gurumemberi PR. 3.Pertemuan ketiga. Pendahuluan Apersepsi : membahas PR Motivasi : manfaat PLSVdalamkehidupan sehari – hari. Kegiatan inti Dengan tanya jawab guru bersama siswa membahas contoh menentukan penyelesaian PLSV. Siswa diberi tugas mengerjakan soal daribuku sumber. Penutup Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk membuat rangkuman. Siswa dan guru melakukan refleksi. Siswa diberi tugas ( PR ). Alat dansumber belajar. Buku teks / sumber, model timbanga. Penilaian Teknik : test trtulis. Bentuk instrumen : pilihan ganda dan lisan. Instrumen Tentukan penyelesaian dari persamaan berikut 2x-1=5 no Kunci / kriteria jawaban 1 2x – 1 = 5 2x – 1 = 5 2x – 1 + 1 = 5 + 1 2x = 6 Jadi x = 3 1 2 1 Skor maximum : 4 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : SMP Mata pelajaran : matematika Kelas / semester : VII/ I Standar kompetensi : 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Kompetensi dasar : 2.3. menyelesaikan persamaan linear satu variabel. Indikator : Mengenali PtLSV dalam berbagai bentuk variabel. Menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah. Dikurangi, dikalikan atau dibagikan dengan bilangan yang sama. Menentukan penyelesaian PtLSV. Alokasi waktu : Tujuan pembelajaran Siswa dapat menyatakan dengan lisan pengertian PtLSV. Sisswa dapat menggunakan notasi pertidaksamaan <,>,≤dan≥ . Siswa dapat memberi contoh bebrapa PtLSV dalam kehidupan sehari – hari/ Siswa dapat menyatakan PtLSV yang setara dengan kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama. Siswa dapat menentukan penyelesaian PtLSV. Siswa dapat menggunakan konsep PtLSV dalam kehidupan sehari – hari. Materi ajar Pertidaksamaan linear satu variabel. Metode pembelajaran Ekspositori. Langkah – langkah kegiatan Pertemuan pertama Pendahuluan Apersepsi : mengingat kembali tentang pengertian kalimat terbuka dan PtLSV. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaiakan masalah sehari – hari. Kegiatan inti Dengan tanya jawab, gurumembimbing siswa untuk memahami bahwa suatu kalimat terbuka yang selalu mengandung ungkapan lebih dari atau kurang dari disebut perttidaksamaan. Siswa diminta menyebutkan masalah pertidaksamaan yang terkait dengan kejadian sehari – hari. Guru meminta siswa untuk membaca dan menuliskan notasi <,>,≤dan≥. Guru meminta siswa untuk menuliskan bentuk pertidaksamaan yang terkait dengan kehidupan sehari-hari. Guru mengarahkan siswa untuk mengenali PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel dengan beberapa contoh soal. Siswa mengerjakan tugas yang dibuat guru. Penutup Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman. Guru dan siswa melakukan tanya jawab Guru memberikan tugas (PR). Pertemuan kedua Pendahuluan Apersepsi : membahas PR Motivasi : banyak kegiatan sehari – hari yang berkaitan dengan PtLSV Kegiatan inti Siswa dibagi dalam beberapa kelompok antara 4 – 5 orang. Memberikan contoh bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas di tambah, dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama (bilangan negatif dan positif). Tiap kelompok mendiskusikan cara mencari bentuk setara soal – soal PtLSV yang ditentukan oleh guru dan buku sumber. Masing – masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lainnya menanggapi. Guru memandu jalannya diskusi dan memberi pujian kepada kelompok yang berhasil dan memberi semangat kepada kelompok yang belum berhasil (jika ada). Siswa mengerjakan soal sebagai tugas mandiri. Penutup Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman Siswa dan guru melakukan tanya jawab Guru memberikan tugas (PR) Pertemuan ketiga Pendahuluan Apersepsi : membahas PR Motivasi : PtLSV banyak di pakai dalam kehidupan sehari – hari Kegiatan inti Dengan tanya jawab guru bersama siswa membahas contoh cara menyelesaikan PtLSV. Dengan teman sebangku siswa berdiskusi untuk menentukan penyelesaian PtLSV. Beberapa siswa menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapi. Siswa mengerjakan tugas latihan soal – soal tentang PtLSV yang terdapat di buku sumber. Alat dan Sumber Belajar Buku teks dan lingkungan Penilaian Teknik : tes lisan dan tertulis Bentuk instrumen : daftar penyataan dan isian. Instrumen Tentukan penyelesaiandari setiap pertidaksamaan berikut: 3