1.
Fungsi
media pembelajaran
Menurut
Levied an Lentz (1982) terdapat empat fungsi pembelajaran khususnya media
fisual, yaitu :
·
Fungsi atensi media visual merupakan inti
yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi
pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai
teks materi pelajaran.
·
Fungsi afektif media visual dapat terlihat
dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar (atau membaca) teks yang
bergambar. Gamabar atau lambang visual dapat menggungah emosi dan sikap siswa,
misalnya informasi yang menyangkut masalah social dan ras
·
Fungsi kognitif media visual terlihat dari
temuan – temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau lambang
memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau
pesan yang terkandung dalam gambar
·
Fungsi kompensatorismedia pembelajaran
terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang memberikan konteks untuk
memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan
informasi dalam teks dan mengingatnya kembali.
Menurut
Kemp dan Dayton (1985 : 28 ) media pembelajaran dapat memenuhi tiga fungsi
utama apabila media itu digunakan untuk perorangan, kelompok, yang berjumlah
besar yaitu dalam hal memotivasi minat atau tindakan, menyajikan informasi dan
member instruksi
2.
PERAN
MEDIA PEMBELAJARAN
Dalam
pendidikan media difungsikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Karena informasi yang terdapat dalam media harus dapat melibatkan siswa, baik
dalam benak atau mental maupun dalam bentuk aktivitas yang nyata, sehingga
pembelajaran dapat terjadi. Materi harus dirancang secara lebih sistematis dan
psikologis, serta ditinjau dari segi prinsip – prinsip belajar agar dapat
menyiapkan instruksi belajar yang efektif. Disamping menyenangkan, media
pembelajaran harus dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memenuhi
kebutuhan individu siswa, karena setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda.
Kemp
dan Dayton (1985 : 3-4) mengemukakan beberapa hasil penelitian yang menunjukkan
dampak positif dari penggunaan media sebagai bagian integral pembelajaran di
kelas, atau sebagai cara utama pembelajaran langsung, sebagai berikut :
Penyampaian pelajaran tidak kaku. Pembelajaran bias lebih menarik. Pembelajaran
menjadi lebih interaktif dengasn diterspksnnys teori belajar dsn prinsip –
prinsip psikologis yang diterima dalam hal partisipasi siswa, umpan balik dan
penguatan. Lama waktu pembelajaran yang diperlukan dapat dipersingkat, karena kebanyakan
media hanya memerlukan waktu singkat untuk mengantarkan pesan –pesan dan isi
pelajaran dalam jumlah yang cukup banyak dan memungkinkan dapat diserap oleh
siswa lebih besar. Kualitas hasil belajar dapat ditingkatkan bila integrasi
kata dan gambar sebagai media pembelajaran dapat mengkomunikasikan elemen –
elemen pengetahuan dengan cara yang terorganisasi dengan baik, spesifik dan
jelas. Pembelajaran dapat diberikan kapan dan dimana saja diinginkan atau
diperlukan, terutama jika media pembelajaran dirancang untuk penggunaan secara
individu.Sikap positif siswa terhadap apa yang mereka pelajari dan terhadap
proses belajar dapat ditingkatkan. Peran guru dapat berubah ke arah yang lebih
positif.
No comments:
Post a Comment