Saturday, May 25, 2013

Pilkada NTT: Pencoblosan Lancar, Rekapitulasi 30 Mei

Tahap pencoblosan Pilkada Provinsi Nusa Tenggara Timur putaran kedua berjalan lancar. Proses untuk menentukan gubernur-wakil gubernur ini sedang dalam tahap penghitungan suara hingga rekapitulasi akhir pada 30 Mei 2013.
Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum Daerah NTT, Djidon de Haan di Kupang kemarin malam (23/5).
“Pemilihan berjalan lancar. Tak ada hal yang menghambat,” kata Djidon saat dihubungi rumahpemilu.org.
Djidon bersyukur atas kelancaran jalannya pencoblosan. Sebelumnya, kedua pasangan calon gubernur di putaran kedua ini harus mengalami proses kepastian hukum di Mahkamah Konstitusi karena raihan suara di putaran pertama tak sampai 30 persen.
Untuk putaran kedua ini KPU NTT tetap fokus pada penghitungan manual. Kalau pun ada hitung cepat, menurut Djidon itu bukan merupakan hasil yang menentukan.
“Jadi tak ada hitung cepat di sini. Kami sedang fokus menghitung hasil suara pemilihan tadi,” ujar Djidon.
Penghitungan suara akan terus berlangsung. Mulai dari TPS, PPS, kecamatan, kabupaten hingga akhirnya ditetapkan melalui rekapitulasi di provinsi pada 30 Mei 2013.
“Sekarang kami masih penghitungan di TPS. Satu hari lagi di PPS, dua hari lagi di kecamatan, dua hari kemudian di kabupaten. Tanggal 30 Mei nanti, rekapitulasi akhir di provinsi,” tutup Djidon.
Tahap pencoblosan putaran kedua Pilkada NTT terdapat dua pasangan calon. Frans Lebu Raya-Beny Litelnony diusung Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDI-P). Esthon Foenay-Paul Tallo diusung Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). [Usep]
Post a Comment