Saturday, December 29, 2012

Lestarikan Sumber Mata Air





Susahnya Mendapatkan MU
Air Bersih Harapanku”


Panasnya Kota ini, tak bisa ku tahan lagi. Tetesan keringat membasahi tubuhku. Cairan tubuhku mengurang,  tapi tak mengurangi semangat ku untuk pulang kampung. Aku adalah seorang pemuda desa yang merantau untuk menuntut ilmu di universitas ternama di propinsi ku. Saat yang sudah ku nanti – nantikan sejak lama untuk berkumpul  bersama Keluarga. Sudah dua jam aku berdiri di halte bis tapi bis yang ku tunggu – tunggu tak datang juga.  Aku harus membeli air...!!! kataku dalam Hati.  Dengan uang Rp. 500,- aku membeli air es... akhirnya bisa menghilangkan dahaga ku...
Alunan musik di atas bis yang ku tumpangi mengantarkanku selama berjam – jam dari kota Kupang sampai kampung halaman ku, letih lesuh dan sukacita bercampur aduk menjadi satu, akhirnya bisa berkumpul bersama keluarga. Apakah ada yang berubah di sini??? Di kampungku sudah hampir sebulan hujan, tumbuh – tumbuhan mulai memunculkan tunasnya, bau tanah menghiasi penciumanku. Ternyata tak ada yang berubah. Sumur air  kami masih saja kering, apa sebabnya???
  

 

 Apakah akibat kurangnya menanam pohon??? Sehingga menyebabkan mata air kami berkurang????  Hal yang terjadi ketik banjir adalah masyarakat kekurangan air bersih:





Banjir lagi banjir lagi ..... yang di lakukan masyarakat di kampungku adalah menggali mata air di tepi sungai untuk mendapatkan air bersih untuk masak, mandi dan mencuci. 
Gambar : Mata air yang digali pada pasir di tepi sungai :





 

Tapi apakah air ini benar – benar bebas kuman dan bersih???  Masyarakat kampung ku sudah menggunakannya bertahun – tahun tapi tak ada masalah dengan air itu.  Air di saring melalui bebatuan dan pasir – pasir kecil, ada pihak industri kecil yang terus – terusan menambang batu dan pasir di sungai itu, apa yang terjadi bila suatu saat batu – batuan dan pasir habis, apa yang akan di lakukan masyarakat untuk mendapatkan air bersih??? Apakah air dari galian mata air di pasir aman untuk di konsumsi???  Oiya, sekarang ada pure it yang bisa dipakai untuk mendapatkan air minum yang bersih....
Marilah kita semua untuk menjaga dan melestarikan lingkungan kita, mulai dari diri sendiri  mulai budayakan sikap menanam jangan sampai kita wariskan air mata bagi anak cucu kita tetapi wariskan mata air yang bersih dan sehat..
Ini Cerita ku dan pengalamanku... bagaimana cerita MU???
Post a Comment