Tuesday, July 20, 2010

algoritma

BAB II

ALGORITMA DAN DIAGRAM ALIR (FLOWCHART)

1.1 Proses Pemecahan Masalah dalam Pemrograman

Beberapa hal yang harus diperhatikan, ketika menyelesaikan sesuatu persoalan, antara lain:

a. Menganalisa dan memahami suatu persoalan dengan membuat suatu algoritma.

b. Membuat kode dari algoritma yang telah dibuat kedalam pernyataan-pernyataan yang sesuai dengan bahasa pemrograman yang dipakai.

c. Testing dan debugging. Testing adalah proses menjalankan program secara rutin untuk menemukan kesalahan-kesalahan dalam penulisan suatu pernyataan dalam program. Sedangkan debugging adalah proses menemukan kesalahan-kesalahan dan memperbaikinya sampai tidak salah lagi.

d. Melakukan dokumentasi/backup terhadap setiap langkah yang dilakukan.

1.2 Langkah-langkah pembuatan program

Tahap-tahap pembuatan program, sebagai berikut:

  1. Mendefinisikan masalah
  2. Mencari solusi untuk masalah
  3. Memiliki teknik pemecahan masalah dan algoritma/flowchart.
  4. Menulis program
  5. Melakukan testing dan debugging
  6. Melakukan dokumentasi
  7. Melakukan pemeliharaan

1.3 Definisi Algoritma

Algoritma merupakan pola pikir yang terstruktur yang berisi tahap-tahap penyelesaian suatu masalah yang nantinya diimplementasikan ke dalam suatu bahasa pemrograman.

Biasanya dalam program, algoritma digunakan untuk tiga struktur program yaitu struktur urut (sequence structure), struktur keputusan (decision structure), dan struktur pengulangan (looping structure).

1.4 Diagram Alir (Flowchart )

Flowchart adalah diagram yang disusun untuk menyederhanakan arus logika suatu program. Berikut adalah simbol-simbol yang sering digunakan dalam membuat diagram alir.



1.5 Contoh Soal dan latihan

Contoh soal: (struktur urut)

1. Buatlah algoritma untuk menghitung luas dan keliling lingkaran.

Jawab :

1. Masukkan jari-jari

2. Luas = phi*r2

3. Keliling = 2*phi*r

4. Tampilkan Luas

5. Tampilkan Keliling

2. Buatlah algoritma untuk menghitung luas dan volume sebuah balok

Algoritmanya :

    1. Masukan panjang
    2. Masukan lebar
    3. Masukan tinggi
    4. Luas = (2*panjang*lebar) + (2*panjang*tinggi) + (2*lebar*tinggi)
    5. Volume = panjang*lebar*tinggi
    6. Tampilkan luas
    7. Tampilkan volume

3. Buatlat algoritma dan flowchart untuk menyelesaikan program di bawah ini (decision structure)

Jika pembelian ³ 100.000 mendapat discount 10 %, dan jika pembeliaan <>

Algoritmanya :

1. Masukan pembelian

2. Jika pembelian ³100000, disc = 10%*pembelian

3. Total = pembelian – disc

4. Jika pembelian <100000, disc =" 5%*pembelian

5. Total = pembelian – disc

6. Tampilkan pembelian

7. Tampilkan disc

8. Tampilkan total pembayaran



4. Buatlat algoritma dan flowchart untuk menjumlahkan angka 1+ 2 + 3 + 4 + 5 + 6 + 7 +...+ 10 (looping structure)

Algoritmanya :

1. Masukan angka-angkanya/bilangan.

2. Identifikasi jumlah awal = 0

3. Tentukan nilai awal, batas dan kenaikan nilai

4. Lakukan pengulangan sampai batas terpenuhi

5. Hitung Jumlah = jumlah + bilangan (i)

6. Cetak Jumlah


Tugas/Latihan:

  1. Buatlah flowchart dan algoritma untuk menghitung nilai dari persamaan berikut ini:

X = a3+b2+c

  1. Anton membeli jeruk sebanyak 9.5 kg. Harga perkg adalah Rp.4500. Buatlah flowchart dam algoritma untuk menghitung harga jeruk yang dibeli Anton.
  2. Buatlah flowchart dam algoritma untuk menghitung umur anda masing-masing dalam satuan detik, menit, jam dan hari (note: input: 1 tahun = 360 hari, 1 bulan =30 hari).
  3. Buatlah algoritma dan flowchart untuk menentukan predikat kelulusan mahasiswa. Syaratnya adalah, jika seorang mahasiswa memperoleh nilai lebih besar dan sama dengan 60, maka predikatnya adalah LULUS, sedangkan jika nilai lebih kecil dari 60, maka predikatnya adalah TIDAK LULUS.
  4. Buatlah algoritma dan flowchart untuk menentukan apakah suatu bilangan termasuk bilangan bulat, pecahan atau bilangan nol.
  5. Buatlah algoritma dan flowchart untuk mencari nilai terbesar dan terkecil dari sebuah deretan angka-angka.

No comments: