Monday, May 20, 2013

“Opini : ingat warisan budaya, ikutlah Komunitas ASEAN( Menuju Komunitas ASEAN 2015)”

ASEAN Blogger



Blogspot merupakan media yang sangat membantu saya dalam menuangkan ide,  cerita, sharing dan berbagai hal dari diri saya.  Pada awalnya, saya tak tahu apa yang harus saya kerjakan dengan menggunakan blog. Tulisan – tulisan sederhana seperti membuat puisi, cerpen, dan menyebarkan foto itu yang saya lakukan. Hal ini membuat saya dari dulunya yang tak suka menulis, akhirnya mulai belajar untuk menulis. Dari tulisan yang sesederhana mungkin dan ingin menjadi seorang penulis profesional.  Awalnya saya berpikir dengan menulis tak akan membawa suatu hasil yang bagus kedepannya. Namun akhirnya saya salah, dengan menulis kita bisa melampaui berbagai hal. Ada banyak hal yang dapat kita pelajari dari situ. Dalam benak saya apa menjadi blogger hanya bisa menjadi penulis??. Ternyata ada komunitas Blogger ASEAN dan Telkom indonesia yang tentunya sedang melaksanakan lomba di solo untuk para blogger. Komunitas blogger yang bukan saja bergerak hanya menulis saja tetapi bergerak di berbagai bidang. Sialnya bagi saya sebab tak tahu ada event seperti itu.  Bila saja kemarin saya ikut pasti itu merupakan suatu cerita atau kisah hidup yang tak kan pernah saya lupakan. Hal itu di karenakan dengan mengikuti ajang tersebut saya bisa lebih mengenal para blogger dari berbagai pelosok bahkan negara. Pasti semakin banyak teman... sialnya...!!! inilah kesesalahan saya.  Harapan saya kedepannya ingin mengikuti ajang – ajang seperti yang diadakan di solo kemarin.   Yang pasti seru bisa ikut ajang tersebut, karena bisa mengetahui budaya suatu daerah atau bangsa demi menambah wawasan.
Indonesia merupakan negara kesatuan yang terdiri dari berbagai pulau dengan keanekaragaman adat istiadatnya. Dari sekian banyak daerah tersebut, ada banyak hal yang tentunya belum kita ketahui sama sekali. Ajang seperti kemarin yang di adakan oleh Blogger Asean sangat diperlukan demi mengenalkan budaya dari daerah tersebut khususnya dan mengenalkan budaya warisan dari bangsa kita sehingga budaya kita tetap menjadi milik kita dan tak akan pernah di curi oleh bangsa lain. Biarlah itu menjadi wajah kepribadian bangsa. Sehingga bangsa lain juga bisa mengenal budaya bangsa kita. Begitu pun sebaliknya kita pun bisa mengenal budaya bangsa lain terutama di negara – negara ASEAN.
Dengan adanya ajang ini, kita bisa saling menghargai budaya masing – masing sehingga terciptanya kerja sama yang baik antara kita.  Indahnya kebersamaan itu yang sangat membahagiakan. Dengan mengikuti komunitas blogger Asean ini pasti tentunya sangat menggembirakan buat saya karena tentunya bisa mengikuti ajang – ajang yang sangat bermanfaat buat diri maupun untuk kepentingan umum.  Apa ada syarat untuk mengikuti nya tidak??? Atau cara untuk mengikuti komunitas ini? Kalau ada tolong bantuannya dong...!!
Ajang Blogger Asean sangat bagus untuk para blogger, dalam menuangkan kreatifitasnya dan bisa juga dalam menemukan jati dirinya.  Kalau kemarin di solo,.....saya tunggu kehadiran ajang – ajang yang lainnya yang tak kalah serunya di daerah perbatasan seperti di daerah tempat tinggal saya di pulau Timor. Inilah tempat saya, ada banyak budaya yang belum di kenal disini.  Harapan saya ingin mengikuti komunitas ini kedepannya yaitu karena dengan mengikutinya saya bisa mengenal dunia yang sebenarnya, bisa ke luar negeri, dan lain sebagainya.  Bisa menolong  korban bencana alam di berbagai tempat maupun di berbagai negara Asean. Seperti  korban gunung meletus di flores ( gunung rokatenda) yang membutuhkan uluran tangan kita. Ini hanyalah sebagian kecilnya, ada banyak hal lain yang menanti kita di daerah – daerah lainnya.
Hal itu yang bisa saya katakan, maju terus komunitas blogger Asean,  semoga menjadi yang terbaik.
Semoga bermanfaat dan berbahagia ketika membaca tulisan ini...

No comments: