Monday, April 29, 2013

TEKNOLOGI MASA KINI, EFISIEN DAN BERSAHABAT “#TEKNOLOGI HIJAU”








Seiring berjalannya waktu, dunia ini pun sangat berkembang.  Dalam bidang ekonomi, sosial, teknologi informasi dan yang paling bagus kita ikuti perkembangannya adalah dalam bidang otomotif. Zaman dahulu orang melakukan perjalanan ke suatu tempat hanya berjalan kaki atau pun menggunakan bantuan hewan seperti kuda, unta dan lain sebagainya. Saat itu orang – orang menguras tenaga dan membutuhkan waktu yang lama sehingga mencapai tujuan mereka.  Berbeda dengan saat ini, semua serba instan dan cepat karena dengan bantuan teknologi yang dibuat seperti kendaraan bermotor.  Kendaraan bermotor inilah yang di pakai sampai sekarang dan pabrik – pabrik berlomba – lomba menggaet hati konsumen dengan desain dan modifikasi mesin yang sesuai dengan permintaan dan keinginan konsumen. Segala usaha dan perubahan banyak dilakukan serta percobaan dan penemuan – penemuan baru sangat di perlukan dalam persaingan di dunia pasar.
Permintaan pasar saat ini sangat besar dan pabrik menyiapkannya dengan baik. Pertanyaannya bagi kita, apakah kita tahu bagaimana proses kerjanya dan bagian – bagian serta fungsinya dari kendaraan itu??? Apakah nyaman dan bersahabat bagi kita??? Ataukah kita hanya sebagai konsumen yang hanya tahu pakai saja??? Oleh karena itu marilah kita lihat apa itu kendaaraan bermotor lebih khususnya Mobil.

Pengertian Mobil
Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih (selalu genap), biasanya menggunakan bahan bakar minyak (bensin atau solar) untuk menghidupkan mesinnya. Mobil kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani 'autos' (sendiri) dan Latin 'movére' (bergerak)) (sumber : wikipedia).

1.Sejarah penemuannya
Mobil terdiri dari ribuan komponen yang ditemukan dan dikembangkan secara bertahap. Tetapi dari sumber yang saya pakai, penemu pertamanya belum jelas.Meski demikian, bisa disebutkan bahwa Nicolaus J. Cugnot adalah orang pertama kali yang berhasil meluncurkan kendaraan berbadan besar, beroda tiga, dan bermesin uap. Kendaraan ini digunakan untuk menarik meriam pada tahun 1769. Kendaarannya dijalankan dan menabrak sebuah tembok dan ini merupakan  kecelakaan mobil pertama di dunia.
 Setelah itu insinyur lain yang membuat kendaraan sejenis adalah William Murdock yang bekerja sama dengan James watt dari Inggris. mereka berhasil mengembangkan dan meluncurkan mobil  bermesin uap pada tahun 1784. Richard Trevitchick juga berhasil membuat dan meluncurkan kendaraan bermesin uap. Pada 1830, kendaraan beroda enam ciptaan Sir Goldswarthy Gurnay mampu meluncur dengan kecepatan 25km/h.
Hingga awal abad 20, berbagai kendaraan bermesin uap terus diciptakan meskipun mesin uap berbahaya karena sering kali meledak.Sejak pertengahan abad ke-19, perancangan mobil berkembang secara pesat. pada tahun 1860, Jean Joseph E. Lenoir, dari Perancis, berhasil menciptakan mesin pembakaran dalam berbahan bakar campuran batu bara dan gas serta campuran udara atmosfer. Mesin ini bekerja tanpa kompresi, dimana campuran bahan bakar dan udara dimasukkan ke dalam silinder pada saat torak berada diseparuh langkah, kemudian dinyalakan dengan suatu pematik api (busi), sehingga tekanan gas dalam silinder naik mendorong torak sampai akhir langkahnya dan membuang gas hasil pembakaran keluar. Efisiensi mesin ini hanya 5% tetapi mampu menghasilkan daya sampai 6DK.
Kemudian pada 1885, Gottlieb Daimler dan Karl Benz berhasil menciptakan mobil bermesin pembakaran dalam. Meskipun tanpa kopling untuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda sehingga menyulitkan saat berangkat, kendaraan ini merupakan model dasar bagi pengembang mobil-mobil berikutnya. Mesin pembakaran dalam segera di sukai karena tidak memiliki kemungkinan meledak, tidak memercikkan api di luar, tidak berasap tebal, dan tidak sebising mesin uap. Pada saat yang sama berkembang berbagai penemuan baru yang memperbaiki kinerja mesin lama. Pada tahun 1886, Nicolaus A. Otto dan Eagen Langen berhasil mengembangkan suatu mesin berbahan bakar bertekanan atmosfer dimasukkan kedalam silinder, dinyalakan dengan busi terjadi gas pembakaran yang bertekanan tinggi dan mampu mendorong torak untuk melakukan langkah ekspansi sampai membuang gas pembakaran tersebut. Efisiensi yang didapat oleh mesin ini adalah 11%. Mesin ciptaan Otto ini disebut mesin pembakaran dalam 4 langkah dan dipatenkan pada 1876 Pada 1890 Charles E dan Frank Duryea dari AS berhasil menciptakan mobil bermesin bensin pertama. Pada 1898 Louis Renault menemukan batang penggerak sebagai ganti rantai yang selama ini dipakai untuk memindahkan tenaga mesin ke roda. Tiga tahun sebelumnya, Renault juga menciptakan mesin berpendingin air. Pada 1911, Cadillac Automobile Co, berhasil menciptakan starter listrik, pengapian listrik dengan kumparan dan aki sebagai ganti starter engkol. Pada tahun 1922, ban karet berisi udara sebagai pengganti ban mati atau ban engkel diperkenalkan pertama kali. Perkembangannya sampai saat ini dengan menggunakan bantuan tenaga surya yang mulai di pasarkan.
Industri otomotif mendesain, mengembangkan, memproduksi, memasarkan, dan menjual kendaraan bermotor diseluruh dunia. Pada tahun 2008, lebih dari 70 juta kendaraan bermotor, termasuk mobil dan kendaraan komersial yang diproduksi di dunia.Pada tahun 2007, secara keseluruhan ada 71,9 juta unit mobil baru yang terjual di seluruh dunia: 22,4 juta unit di Eropa; 21,4 juta unit di Asia; 19,4 juta unit di Amerika Serikat dan Kanada; 4,4 juta unit di kawasan Amerika Latin; 2,4 juta unit di Timur Tengah, dan 1,4 juta unit di Afrika. Pasar di kawasan Amerika Utara dan Jepang sudah stagnan, sedangkan di Amerika Selatan dan beberapa negara Asia tumbuh pesat.Ada sekitar 250 juta mobil yang ada di Amerika Serikat saat ini. Di seluruh dunia, diperkirakan ada 806 juta unit mobil dan truk ringan pada tahun 2007; membakar lebih dari 260 miliar galon AS (1 galon= 3,8 liter) bahan bakar setiap tahunnya. Jumlah ini terus meningkat dengan cepat, terutama di China dan India.Beberapa opini mengatakan bahwa sistem transportasi urban yang didasarkan pada mobil akan menghabiskan energi dalam jumlah berlebihan, meningkatkan resiko penyakit, dan pengurangan layanan walaupun investasi dinaikkan. Gerakan transportasi yang berkelanjutan memfokuskan diri untuk menyelesaikan masalah ini.Pada tahun 2008, dengan naiknya harga minyak yang sangat cepat, industri otomotif merasakan kombinasi naiknya harga bahan baku kendaraan dan berubahnya sifat masyarakat dalam memilih kendaraan. Industri otomotif di beberapa negara juga semakin berkompetisi dengan kendaraan umum karena para konsumen semakin mempertimbangkan penggunaan kendaraan mereka. Sekitar setengah dari 51 pabrik kendaraan ringan di Amerika Serikat diperkirakan akan ditutup permanen pada beberapa tahun ke depan, dengan sekitar 200.000 pekerjaan menghilang. Sedangkan, pasar China saat ini menjadi produsen dan pasar mobil terbesar di dunia. Penjualan mobil China pada tahun 2009 mencapai 13,6 juta unit, naik drastis dari 1 juta unit pada tahun 2000.


2.Bagian – Bagian Mobil
Bagian – bagian mesin mobil adalah sebagai berikut :
Ø  amperemeter ; untuk mengontrol arus listrik
Ø  skring ; untuk mencegah terjadinya konsleting
Ø  Kunci Kontak : Untuk menghubungkan & memutuskan arus listrik.
Ø  Karbulator : Untuk mencampur bahan bakar & udara menjadi kabut/gas.
Ø  Regulator : Untuk merubah arus AC menjadi DC.
Ø  In House Manifoll : Untuk Saluran bahan bakar gas baru.
Ø  Eks House : Untuk Saluran buang gas sisa pembakaran.
Ø  Radiator : Untuk menampung air sekaligus mendinginkannya.
Ø  Tutup Radiator : Untuk menahan tekanan air.
Ø  Radiator Bagian Atas : Untuk tempat air panas.
Ø  Inti Radiator : Untuk Mendinginkan Air.
Ø  Radiator Bagian Bawah : Untuk tempat air dingin.
Ø  Selang Atas Radiator : Untuk tempat aliran air panas menuju ke radiator.
Ø  Selang Bawah : Untuk tempat aliran air dingin menuju ke mesin.
Ø  Alternator : Sebagai generator listrik sekaligus mensuplai baterai.
Ø  Motor Starter : Untuk menggerakan pulas suatu engine.
Ø  Termostat : Untuk mengoptimalkan kerja mesin, sehingga mencapai suhu temperature kerja 80-90'C.
Ø  Kipas : Untuk mendinginkan antara radiator dengan mesin bagian luar.
Ø  Pompa Air : Untuk mensirkulasi air pendingin dalam mesin menuju radiator.
Ø  Tutup Oli : Untuk menahan tekanan pelumas/oli supaya tidak keluar.
Ø  Tutup Kepala Silinder : Untuk melindungi mekanisme katup.
Ø  Kepala Silinder : Sebagai dudukan busi, dan sebagai ruang bakar.
Ø  Blok Mesin : Sebagai tempat dudukan komponen-komponen busi, poros pengkol, dll.
Ø  Kalter/Bak Oli : Untuk menampung Pelumas.
Ø  Switch Temperature : Untuk mengontrol suhu waktu kerja.
Ø  Busi : Untuk memercikan bunga api.
Ø  Pompa Bensin : Untuk memompa bensin dari tangki mesin menuju ke karbulator.
Ø  Stick Oli : Untuk mengukur keadaan oli dan volume jenis oli.
Ø  Distributor : Untuk membagikan arus tegangan listrik menuju kemasing-masing busi.
Ø  Saringan Oli : Untuk menyaring pelumas/oli sebelum menuju kepemakai.
Ø  Switch Oli : Untuk mengontrol tekanan oli.
Ø  Oil : Untuk merubah tegangan dari 12 volt menjadi 5000-20000 volt.
Ø  Fly Whill/Roda Gila : Untuk meneruskan putaran mesin menuju antara kopling & transmisi.
Ø  Saringan Bensin : Untuk menyaring bensin menuju kepompa bensin.
Ø  Pully : Sebagai tempat dudukan panbell.
Ø  Knalpot : Saluran buang gas.

Dengan persaingan yang besar, kendaraan bermotor ( mobil ) di produksi setiap tahunnya. Semuanya meraup keuntungan dari penjualan mobil ini. Bumi sudah memasuki tahun – tahunnya yang tua, tetapi produksi mobil semakin bertambah banyak, polusi yang di timbulkannya membuat masalah yang besar pula bagi lingkungan hidup.  Hal ini disebakan oleh gas CO2 yang di keluarkan sangat mempengaruhi lingkungan hidup. Banyak hal seperti asap pabrik, efek rumah kaca pun menjadi penyebab rusaknya lingkungan hidup. Semakin besar pencemaran udara menimbulkan lapisan ozon semakin menipis sehingga pemanasan global tak dapat kita hindarkan.
Karena itu, untuk menjawab solusi dari pencemaraan lingkungan ini PT Astra Daihatsu Motor sebagai produsen mobil menyiapkan mobil dengan teknologi yang nyaman dan tentunya mengurangi pencemaran lingkungan. Teknologi ini di sebut “teknologi hijau”.  Dengan Teknologi hijau ini, gas CO2 dapat diminimalisir karena menggunakan “teknologi Eco – Idle” sehingga pembakaran gasnya menjadi sempurna pada mobil daihatsu dengan sistem i - EGR. Serta mampu mengatur hidup dan mati mesin secara otomatis.
Pada teknologi hijau juga terdapat teknologi yang disebut  “2-Cylinder Turbocharged Direct Injection” dengan komponen yang lebih sedikit serta lebih ringan dari mesin – mesin yang lain sehingga beban mobil lebih ringan dan efisiensi bahan bakarnya sampai 30 %. Fasilitas turbonya menjaga performanya lebih baik.
Kemudian teknologi Precious Metal-Free Liquid-Feed Fuel Cell”, ramah lingkungan karena emisi karbon dioksida (CO­2) adalah nol. Biaya bahan bakar menjadi efisien serta dapat digunakan untuk jarak yang jauh sebab performanya akan tetap stabil.
Inilah teknologi masa kini yang ramah lingkungan, efisien, dan bersahabat dari Daihatsu.  Teknologi hijau ini patut di sebarkan  dan disosialisasikan terhadap khalayak sehingga ketika ingin membeli kendaaraan bermotor ( mobil ), mereka tahu yang tepat yaitu daihatsu. Mungkin dengan ajang lomba blog ini sudah merupakan sosialisasi dan promosi teknologi yang nyaman bagi kita, lingkungan kita dan bumi kita.
Post a Comment